Selasa, 11 Oktober 2011

Memory in a song

      Hai kawan, kembali krismorgana posting negh. Agak ga formal bahasanya, soalnya susah banget dapetin feel nulisnya kalo terlalu formal. Kris nyerah di bulan bahasa ini seperti layaknya berpuasa, kris batal.  Oke, ini sedikit coleteh soal lagu. Dan kris bakal ngupas (bukan pisang) lagu apa aja yang pernah bikin kris emosional.  Silahkan duluan memaki karena lagu-lagu pilihan kris sangat melangkolis. Yuk, kita simak :
Toni Braxton : unbreak my heart
      Ini mah lagu wajib kebangsaan sepanjang masa. Siapa sie yang ga tau lagu ini, kris aja dengerinnya pertama kali pas ga ngerti bahasa inggris. Tapi ada sesuatu di balik melodi en aransemen vocal si penyanyi yang bikin kris emosi. Padahal kris masie kecil waktu itu, ga ngerti cinta-cintaan, tapi ngerti banget isi lagunya Cuma dengerin en liat videonya (dulu masie sering ditayangin di tipi lokal, jadi kalo ada lagi ini kris langsung bengong depan tipi megang remot tipi biar ga di pindahin ma si mamah).
     satu hal yang pasti dari lagu ini adalah klasik. Sudah lebih dari 15 (lima belas) taun ne lagu menemani kuping kris, en kris tetep ga bosen dengernya. Kan ada thu lagu yang meledak di taun ini, trus dilupain saking banyaknya lagu laen yang lebih baru en lebih keren. Tapi kris tetep dengerin ini lagu. Selain itu, kris juga nge pens ama toni Braxton. Kalo ditanya kenapa, satu ajah jawabannya, suara rendahnya sexy. 

Mariah carey : make it happen
      Lagu ini juga lagu taun jebot. Taun 90 an gtu, mungkin kawan-kawan ga kenal lagu ini, biar kenal, donlot ajah, kris cuma mo ngasie liriknya ajah. Simak :
Make It Happen
Mariah carey
Not more than three short years ago
I was abandoned and alone
Without a penny to my name
So very young and so afraid
No proper shoes upon my feet
Sometimes I couldn't even eat
I often cried myself to sleep
But still I had to keep on going
Never knowing if I could take it
If I would make it through the night
I held on to my faith
I struggled and I prayed
And now I've found my way

[Chorus:]
If you believe in yourself enough
And know what you want
You're gonna make it happen
Make it happen
And if you get down on your knees at night
And pray to the Lord
He's gonna make it happen
Make it happen

I know life can be so tough
And you feel like giving up
But you must be strong
Baby just hold on
You'll never find the answers
If you throw your life away
I used to feel the way you do
Still I had to keep on going
Never knowing if I could take it
If I would make it through the night
I held on to my faith
I struggled and I prayed
And now I've finally found my way

[Chorus]

I once was lost
But now I'm found
I got my feet
On solid ground
Thank you Lord
If you believe
Within your soul
Just hold on tight
And don't let go
You can make it
Make it happen

[Chorus]

     Nah, udah tau liriknya bakal ngerti maksud dari lagu ini. Kris ga nyangka idup kris bakal mirip ama isi lagunya Mariah carey ini. Lagu ini nyeritain tentang Mariah carey yang dulunya bahkan ga punya sepatu bagus buat jalan. Ga punya duit banyak,dalam artian ga berkecukupan. Tapi dia ga berenti berdoa. Ga berenti berusaha. Ga mau putus asa. Kris juga gitu. Kris datang ke bali ini tanpa persiapan apa pun. Kris Cuma bawa dana sisa gaji kris waktu gawe di restoran kecil di bogor, en itu juga cepet abis. Tapi kris ga nyerah, ga manja, ga ngoyo. Kris nyari gawean apa aja disini. Ngelamar sana-sini. En akhirnya mulai dapet gawean kecil ama gaji kecil. Kris ga putus asa. Kris selalu ke inget ama ne lagu, soalnya kondisinya persis banget ama yang kris alami waktu itu. So, guys, ga ada kata menyerah dalam kamus kalian, asal kalian mau bekerja keras, kalian pasti menemukan apa yang namanya keajaiban dari Tuhan.  

Whitney Houston : heartbreak hotel

     Lagu putusnya kris ama pacar pertama..eh…pertama ato kedua ya…hmm,kris lupa.  Taun itu taun paling berat buat kris. Putus cinta bukan perkara mudah, buat kris yang masie ababil waktu itu, bisanya cuma ngurung diri di kamar bengong di beranda sambil liat langit. Kadang ga kerasa air mata netes di sudut mata, kris merasa sakit hati mendalam waktu itu. Kebetulan kris punya album whitney yang ini my love is your love. Ada lagu ini dinyanyiin bertiga, bareng Kelly price en faith evans. Klop dah, apa lagi pas lirik berikut :
All I really wanted was some of your time
Instead you told me lies with someone else` was on your mind
What you`d do to me?
Look what you did to me
I thought that you were someone who would do me right
Until you played with my emotion then you made me cry
What you`d do to me?
Cant take what you did to me
     Pokoknya, sebulanan penuh air mata. Tapi ga lama koq. Kris sadar kalo bersedih itu ga bakal bikin semuanya baik. Malah jadinya sakit, gara-gara liatin langit mulu mpe tengah malem. Maka dari itu,kris memutuskan untuk melupakan semua kenangan tentang Dia kecuali lagu ini.

Blu Cantrell : sleep in the middle
      Ini sebuah lagu yang sangat sangat kris kagumi.  Kris sebenernya iseng nyari kaset bajakan (jangan ditiru) di depan shangrilla plaza,sukasari bogor en nemu ne album  bittersweet.  Kris beli ajah,soalnya nyari yang laen ga nemu. Balik ke rumah, kris langsung puter d kamar sambil baca komik pinjeman di lantai dasar shangrilla plaza. Lagu pertama biasa biasa aja, R n B mid beat dengan vocal standar penganyi kulit hitam. Lagu kedua, slow. Verse awal. Vokalnya  rendah banget..sexy. verse kedua si blu naekin vokalnya agak tinggi terus meninggi mpe puncaknya di bridge bener-bener bikin kris kaget. Tinggi banget en menggetarkan jantung kris. Sontak aja kris nyari kover albumnya trus liatin judulnya.  Sleep in the middle, bikin kris jatuh cinta ama blu Cantrell. Ga ada kenangan di lagu ini sie, cumin kalo orang sok tereak-tereak gaje kalo nyanyi, coba simak lagu ini, blu bener-bener ngerahin segala kemampuan vokalnya disini en penghayatannya en warna vokalnya…renyah sampe nada terakhir. Ini juga selalu ada di playlistnya kris mpe sekarang.
En vogue : don`t let go (love)
       Kalo ngomongin grup vocal cewek. Perkenalkan, en vogue dari amrik juga. Kalo pada ga kenal, ya emang mereka Berjaya di taun 90 an. Jauh sebelum destiny`s child ato spice girls. Tapi kris suka en vogue,, simak aja lagu ini, lead vocal nya dawn robinson, sekarang solo en vocalist di band lucypearl (bukan Lucifer ya) juga.
       Kris langsung jatuh cinta ama mereka. Tiap anggota punya warna vocal sendiri-sendiri jadi bikin paduan vocal yang sangat harmonis. Kris koleksi albumnya tapi Cuma tiga ajah, ev3, masterpiece theatre, en soul flower.  Kenangan di lagu ini, kris suka nungguin video mereka di mtv Europe top 20 countdown tengah malem. Dulu kan ga ada youtube, jadi kris mantengin tipi tengah malem mpe sekali pernah di sentil telinganya ama si mamah. Tapi ternyata bukan si mamah. Jadi siapa donk???

 Britney spears : baby…one more time

     Yey, jatuh cinta pas lagu ini booming. Si pacar malah suka joget-joget gaje kalo video Britney ini tayang di tipi. Kris sie fun-fun ajah dengernya. Kaget juga, kalo Britney ngelibas penyanyi idola kris waktu itu. Tapi lagunya emang asik. Walau pun udahan ama si pacar, lagu ini jadi kenangan manis kris ama dia.
       Wah, udah 6 lagu ajah yang jadi kenangan dalam idup kris. Masie banyak sie lagu-lagu kenangan laennya tapi segini aja yah. Udah di bilang kan lagunya melangkolis, penyanyinya luar negeri semua pula,bukannya kris ga nasionalis. Ini kan kenangan kris ajah, ga jadinya kris ga suka lagu dalam negeri ato anti dalam negeri.  Kris juga suka lagu dalam negeri. Walau sedikit yang kris dengerin.
     Setiap lagu di ciptakan untuk menjadi kenangan. Itu menurut kris. Apa pun kenangannya, dari lagu kita bisa mengulang ato sekedar mengingat memori di balik lagu itu. So, what is your song??? Ksie tau kris ya….

4 komentar:

  1. waw! like this...
    hahaha tetep ya... kalo akyu kan sukanya MUSE, lagu-lagunya kan bawa pesan dan maknanya dalem juga... hahaha
    cuma sayang, si Matt malah jadian sama Kate Hudson, yang menjadikan para MUSER agak Murka, kite sih tenang aja ya cyin, urusan masing-masing kalo soal lope mah...
    nice post baby... ditunggu selanjutnya yah...

    BalasHapus
  2. wowww... Britney spears. lagu baby..one more time.
    dengar pertama kali pas ane masih SD dulu..
    uda lama banget yak ... :D
    koreografinya britney gokil .....

    nice post ^_^

    BalasHapus
  3. cuma beberapa yang tahu..
    yang Toni Braxton mah dari jaman belum sekola juga emang udah demen banget ..

    BalasHapus
  4. wah si pacar suka britney? aku si suka semuanya. tapi paling suka teteh britney. :3

    BalasHapus